Jadwal Ujian Nasional (UN) SMA/SMK Tahun Pelajaran 2016/2017

Warungbaca.com – Ujian Nasional (UN) diselenggarakan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan peserta didik jenjang satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah sebagai hasil dari proses pembelajaran sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Selain itu UN digunakan juga untuk melakukan pemetaan tingkat pencapaian hasil belajar siswa pada satuan pendidikan. Salah satu upaya untuk mewujudkan pendidikan berkualitas diperlukan adanya sistem penilaian yang dapat dipercaya (credible), dapat diterima (acceptable), dan dapat dipertanggunggugatkan (accountable)

Hasil UN tidak digunakan untuk penentu kelulusan siswa. Namun fungsi UN tetap penting karena digunakan untuk mengukur kompetensi siswa dan salah satu dasar pertimbangan seleksi ke jenjang yang lebih tinggi.


Ujian Nasional Berbasis Komputer (Computer Based Test, CBT) adalah sistem ujian yang digunakan dalam UN dengan menggunakan sistem komputer. UN-CBT dilaksanakan bersamaan dengan UN-PBT, namun akan berakhir berbeda karena dalam sehari hanya ada satu mata pelajaran yang diujikan, sedangkan jumlah peserta yang dapat menempuh UN-CBT setiap harinya dibatasi oleh jumlah/ketersediaan komputer.


Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan formal ditetapkan oleh setiap satuan pendidikan berdasarkan Rapat Dewan Guru, sedangkan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan kesetaraan untuk Program Paket B/Wustha dan Program Paket C ditetapkan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota melalui rapat dengan melibatkan perwakilan dari satuan pendidikan non formal.

Pencapaian kompetensi lulusan dalam Ujian Nasional dinyatakan dalam kategori Sangat Baik, Baik, Cukup, dan Kurang. Penilaian pencapaian kompetensi lulusan didasarkan pada rentang nilai 0 sampai 100 dengan kategori sebagai berikut:

 a. Sangat Baik (85 < Nilai ≤ 100)
 b. Baik (70 < Nilai ≤ 85)
 c. Cukup (55 < Nilai ≤ 70)
 d. Kurang (0 ≤ Nilai ≤ 55)

Sehubungan dengan kapan akan dilaksanakan ujian nasional / UN SMA/SMK tahun pelajaran 2016/2017 berdasarkan kalender pendidikan yang admin dapatkan untuk jadwal UN SMA/SMK tahun 2017 perkiraan jadwal pelaksanaanya pada tanggal 10 s.d. 13 April 2016.

Demikian sekilas informasi mengenai perkiraan jadwal pelaksanaan Ujian Nasional / UN untuk SMA/SMK dan sederajat di tahun pelajaran 2016/2017 ini. Semoga bermanfaat.
Reaksi:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget