Juara Umum O2SN 2016 Diraih Oleh Provinsi Jawa Barat

Warungbaca.com – Pada rangkaian acara O2SN Tahun 2016 ini, akhirnya Provinsi Jawa Barat kembali menjadi Juara Umum. Informasi tersebut selengkapnya berdasarkan info resmi yang admin rilis dari Ditjen Dikdasmen bahwasannya pada acara penutupan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) IX di Jakarta International Expo Kemayoran, Senin (29/7), Provinsi Jawa Barat dinobatkan sebagai juara umum O2SN IX.

Penobatan ini berdasarkan jumlah medali yang berhasil diraih atlet-atlet Jawa Barat, yaitu 26 medali emas, 15 perak, dan 14 perunggu. Sementara itu, posisi kedua diraih Provinsi Jawa Timur dengan 20 medali emas, 14 perak, dan 24 perunggu. Adapun Bali harus puas berada di posisi ketiga dengan 16 medali emas, 8 perak dan 16 perunggu.

Berikut tabel rekapitulasi rincian juara umum dari 9 (sembilan) kali penyelenggaraan O2SN sejak tahun 2008 sampai dengan tahun 2016 ini. Di mana provinsi Jawa Timur (Jatim) telah berhasil 7 (tujuh) kali dan provinsi Jawa Barat (Jabar) selama 2 (dua) kali menjadi juara umum:

Keberhasilan Jawa Barat meraih posisi puncak O2SN ini merupakan yang kedua kali. Prestasi pertama diukir pada O2SN VII yang diselenggarakan pada tahun 2014 di DKI Jakarta. Waktu itu, Jawa Barat berhasil meruntuhkan kedigdayaan Provinsi Jawa Timur, yang berturut-turut meraih juara umum (2008-2013). Pada O2SN VII, Jawa Barat berhasil mengoleksi 27 medali emas, 17 perak dan 12 perunggu. Sementara Jawa Timur mengoleksi 25 medali emas, 25 perak, dan 20 perunggu. Adapun posisi ketiga diraih Jawa Tengah dengan 13 medali emas, 20 perak dan 19 perunggu.

Namun sayang, pada O2SN VIII tahun 2015 yang dilaksanakan di Sulawesi Selatan, Jawa Barat harus merelakan mahkota juara umum O2SN kembali ke pangkuan Jawa Timur. Tapi kemudian, atlet-atlet Jawa Barat berhasil merebut kembali mahkota O2SN pada tahun 2016 ini.

Prestasi Jawa Barat yang berhasil menjadi juara umum O2SN dua kali ini, barangkali memberi inspirasi bagi provinsi lainnya untuk meningkatkan pembinaan olahraga pendidikan di daerah masing-masing, hingga suatu ketika nanti bisa merasakan indahnya menjadi juara umum.
Label:
Reaksi:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget