Panduan Cara Mengisi Data Peserta Didik di Aplikasi Dapodik PAUD Dikmas V. 3.0.0 Tahun 2016/2017

Warungbaca.com – Pada tabel peserta didik ini menampilkan sebagian data dari peserta didik pada lembaga, untuk menambahkan kelengkapan data dapat memilih peserta didik kemudian klik tombol ubah pada toolbar tabel peserta didik.


Gambar Tab Peserta Didik

1) Toolbar Peserta Didik

a)     Tambah untuk menambahkan data peserta didik
b)    Ubah untuk melengkapi data peserta didik
c)     Simpan untuk menyimpan perubahan data pada tabel utama peserta didik
d)    Hapus untuk menghapus data peserta didik (jika ada beberapa peserta didik yang memiliki nama yang sama dan ditengarai terjadi duplikasi data)
e)     Registrasi untuk mendaftarkan peserta didik kedalam lembaga, apakah peserta didik itu termasuk pindahan, siswa baru atau lainnya, tombol ini juga berfungsi untuk mengganti status aktif peserta didik jika peserta didik itu keluar

Catatan : 

a)     Untuk mengeluarkan peseta didik gunakan tombol registrasi
b)    Untuk melengkapi data peserta didik gunakan tombol ubah
c)     Tidak disarankan untuk menghapus data peserta didik, tombol hapus digunakan jika terjadi duplikasi data (data ganda)

Berikut adalah tombol yang digunakan pada tab peserta didik:

Gambar Toolbar Tab Peserta Didik

2) Tambah Peserta Didik Baru

Berikut adalah form untuk menambahkan data peserta didik baru:


Gambar Tambah Peserta didik Baru

3) Data Periodik PesertaDidik

Dalam data periodik peserta didik ini dapat berubah, dan di update per semester. Data periodik berupa tinggi badan(cm), Berat badan (kg), jarak rumah ke lembaga, waktu tempuh ke lembaga dan jumlah saudara kandung. Di isi sesuai dengan
Keadaan siswa.


Gambar Data Periodik Peserta Didik

4) Tab Prestasi Peserta Didik

Pada tab prestasi sama hal nya dengan beberapa tab yang ada di aplikasi ini, dengan persamaan toolbar tambah, ubah, simpan, dan hapus sebagai navigasi entri data prestasi peserta didik.

Catatan:

Jika masih ada flag merah berarti data belum tersimpan, harap menggunakan tombol simpan ketika selesai melakukan entri data 


Gambar Prestasi Peserta DIdik

5) Tab Beasiswa Peserta Didik

Pada tab beasiswa sama hal nya dengan beberapa tab yang ada di aplikasi ini, dengan persamaan toolbar tambah, ubah, simpan, dan hapus sebagai navigasi entri data beasiswa peserta didik.

Catatan :

a) Jika masih ada flag merah berarti data blum tersimpan, harap menggunakan tombol [simpan] ketika selesai melakukan entri data


Gambar Beasiswa Peserta Didik

6) Edit data periodik (Ubah PD Detail)

Untuk melengkapi data peserta didik, operator dapat memilih peserta didik terlebih dahulu kemudian klik tombol ubah, lalu akan ada form tampilan seperti di bawah ini:

Catatan:

a)     Tanda (*) berarti kolomnya wajib diisi dan tidak boleh kosong
b)    Pada entri data kecamatan/kabupaten, harap memasukan beberapa kata baik itu nama kecamatan maupun kabupaten, setelah itu pilih kecamatan beserta kabupatennya.
c)     Kolom berkebutuhan khusus juga dipilih berdasarkan keadaan siswa

Melengkapi data pribadi mulai nama lengkap hingga email diisi sesuai dengan keadaan sebenarnya peserta didik.


Gambar Edit data pribadi peserta didik

7) Edit Data Orang Tua Wali

Setelah melengkapi data pribadi siswa atau peserta didik, selanjutnya adalah melengkapi data orangtua, data ayah, ibu kandung dan atau data wali. Data ini masi dalam satu rumpun dengan data pribadi siswa, setelah data pribadi, ayah kandung, ibu kandung dan data wali selesai dilengkapi baru pilih tombol save di bawah sebelah kanan.


Gambar Edit data ayah, ibu kandung dan wali peserta didik

8) Registrasi Masuk Peserta Didik

Form registrasi berupa form untuk mendaftarkan peserta didik pada lembaga, jika status peseta didik belum terdaftar maka dengan form ini siswa bisa terdaftar sesuai dengan program pengajarannya.

Gambar Form registrasi Peserta didik PAUD

9) Registrasi Keluar Peserta Didik

Pada form ini menegaskan kepada operator untuk digunakan jika peserta didik keluar, baik itu mutasi, dikeluarkan maupun meninggal. Jangan langsung menghapus tombol hapus pada toolbar tab peserta didik.

Gambar Registrasi Keluar

Posting Komentar

cara mendaftarkan anak yang mengulang gimana ya

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget