Panduan Cara Mengisi Data Harta Kekayaan PNS / ASN di Aplikasi Siharka : Harta tidak bergerak, Harga bergerak, Surat Berharga, Uang Tunai, Deposito & Tabungan, Piutang, dan Hutang

Warungbaca.com – Di tahun 2017 ini, seluruh PNS / ASN diwajibkan untuk melaporkan data harta kekayaan masing-masing melalui aplikasi Siharka di http://siharka.menpan.go.id/

Harta kekayaan PNS / ASN di aplikasi Siharka terdiri dari:

1.   Harta tidak bergerak,  
2.   Harga bergerak,
3.   Surat Berharga,
4.   Uang Tunai, Deposito, dan Tabungan,
5.   Piutang, dan
6.   Hutang.

Harta kekayaan berisi tentang harta yang dimiliki oleh pegawai, dari harta tidak bergerak, harta bergerak, surat berharga, uang tunai, deposito, tabungan, piutang dan hutang. Di dalam Menu Harta Kekayaan ini ada beberapa sub menu yang perlu di isi yaitu :

1. Harta Tidak Bergerak

Adalah harta berupa tanah dan bangunan yang didukung dengan bukti kepemilikan. Nilai harta tidak bergerak ditetapkan berdasarkan NJOP.


Silahkan klik tombol Input Baru untuk melakukan input data Harta Tidak Bergerak muncul seperti tampilan di bawah ini :


Klik untuk input data baru
Pada filed Jenis Harta Klik pilihan untuk memilih data harta tidak bergerak yaitu : Tanah, Bangunan dan Tanah & Bangunan. Setelah diisi semua silahkan klik tombol simpan maka muncul tampilan seperti gambar di bawah ini :

Pada filed Jenis Harta Klik pilihan untuk memilih data harta tidak bergerak yaitu : Tanah, Bangunan dan Tanah & Bangunan


2. Harta Bergerak


2.1    Klik input baru untuk anda melakukan input harta bergerak anda berupa alat transportasi (pesawat udara, kapal laut, mobil, sepeda motor, mesin lainnya) yaitu : Harta selain tanah dan bangunan seperti kendaraan bermotor, perabotan rumah tangga, perhiasaan, dll. Dengan nilai berupa harga perolehan atau harga taksiran. Setelah itu klik tombol simpan.

2.2    Klik input baru untuk anda melakukan input harta bergerak anda berupa peternakan, perikanan, perkebunan, pertanian, kehutanan, pertambangan dan usaha lainnya. Setelah itu klik tombol simpan.

 

2.3    Klik input baru untuk anda melakukan input harta bergerak anda berupa logam, batu mulia, barang-barang seni dan antic, bergerak lainnya. setelah itu klik tombol simpan.


3. Surat Berharga


Klik input baru untuk anda melakukan input harta surat bergerak anda berupa Harta berupa surat berharga seperti saham, reksadana, dsb. Yang dinilai berdasarkan harga. setelah itu klik tombol simpan.

4. Uang Tunai, Deposito, dan Tabungan


Klik input baru untuk anda melakukan input harta uang tunai, deposito, dan tabungan anda Dinilai sesuai dengan nilai yang tertera. setelah itu klik tombol simpan.  

5. Piutang


Klik input baru untuk anda melakukan input harta piutang Barang atau uang yang akan diterima dimasa yang akan datang berdasarkan kesepakatan.anda Dinilai sesuai dengan nilai yang tertera. setelah itu klik tombol simpan.

6. Hutang


Klik input baru untuk anda melakukan input harta hutang Barang atau uang yang harus dibayar dimasa yang akan datang berdasarkan kesepakatan. berdasarkan kesepakatan.anda Dinilai sesuai dengan nilai yang tertera. setelah itu klik tombol simpan. 

Sumber : Panduan PengisianAplikasi Siharka

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget